Selasa, 31 Agustus 2010

aplikasi internet

II. APLIKASI INTERNET

II.I World Wide Web (www)

Merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan dan merupakan aplikasi yang paling penting.
Dibuat dengan menggunakan format hypertext dan hypermedia, yaitu Hypertext Markup Language (HTML).
Halaman-halaman web yang dibuat menggunakan HTML digunakan untuk menyimpan informasi yang dapat berupa teks, gambar, animasi, audio, dan video.

II.II Electronic Mail (E-Mail / Surat Elektronik)

Digunakan sebagai sarana komunikasi surat-menyurat dalam bentuk elektronik.
Merupakan alat komunikasi yang murah dan cepat.

II.III Mailing List (Milis)

Digunakan sebagai sarana diskusi dalam satu kelompok melalui e-mail.
Setiap e-mail yang dikirim ke alamat milis akan dikirimkan ke seluruh alamat e-mail yang terdaftar sebagai anggota milis tersebut.
Mempunyai sifat yang sama dengan e-mail.

II.IV Newsgroup

Digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum.
Sarana yang mungkin digunakan dapat berupa multimedia (audio-visual) dengan menggunakan fasilitas konferensi video, dapat berupa teks saja, atau teks dan audio dengan menggunakan fasilitas chat (IRC).

II.V Internet Relay Chat (IRC)

Digunakan untuk bercakap-cakap di internet / chatting.
Dilakukan dengan cara mengetik apa yang ingin kita katakan, kemudian mengirimkannya dalam bentuk teks.
Beberapa layanan chatting telah dilengkapi dengan sarana untuk menampilkan gambar yang diambil melalui webcam.

II.VI File Transfer Protocol (FTP)

Digunakan untuk mengirim atau mengambil file ke / dari komputer lain.
Sering digunakan untuk mencari dan mengambil (download) arsip (file) dari sebuah server dan juga untuk meng-upload file situs (homepage).

II.VII Telnet

Digunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh.
Dapat digunakan apabila kita mempunyai IP address serta user ID dan password dari komputer yang akan kita akses.

II.VIII Gopher

Digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet, namun hanya terbatas pada teks saja.
Harus menghubungkan diri dengan Gopher server yang ada di internet untuk mendapatkan informasi melalui Gopher.

II.IX Packet Internet Gopher (Ping)

Digunakan untuk mengetahui apakah komputer yang kita gunakan terhubung dengan komputer lain di internet.
Pengecekan dilakukan dengan cara mengirimkan sejumlah paket data.

III. MANFAAT INTERNET

Sarana untuk mendapatkan dan menyampaikan informasi dengan cepat dan
murah.
Mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi.
Sebagai media promosi.
Sarana komunikasi interaktif.
Sarana penelitian dan pengembangan.
Sarana untuk mempertukarkan data.



IV. SEJARAH PERKEMBANGAN INTERNET

Tahun 1960 – Departemen Pertahanan Amerika Serikat khawatir akan kemungkinan terjadinya perang nuklir. Hal ini membuat dimulainya penelitian untuk menghubungkan komputer-komputer yang dimiliki departemen pertahanan dalam satu instalasi.
Oktober 1962 – Program riset komputer di ARPA (Advanced Research Projects Agency) dengan Joseph Licklider sebagai ketua program pertama dimulai.
Tahun 1965 – Larry Robert dan Thomas Marill mencoba membuat koneksi Wide Area Network yang pertama. Dari percobaan tersebut disimpulkan bahwa jaringan telepon dapat melewatkan data, namun tidak efisien. Kleinrock memprediksikan model pengiriman paket data merupakan komunikasi antardua komputer yang paling memungkinkan.
Tahun 1966 – Bob Taylor dari ARPA menerima bantuan dana dari beberapa universitas di AS untuk melakukan percobaan membuat jaringan yang menghubungkan komputer-komputer dari sejumlah universitas yang mendanai percobaan ini. Tiga tahun kemudian jaringan tersebut berhasil dibuat yang disebut sebagai ARPANET yang menjadi cikal bakal lahirnya internet.
Tahun 1969 – ARPANET online untuk pertama kalinya.
Juli 1970 – Januari 1971 – Beberapa universitas dan lembaga lain ikut bergabung dalam ARPANET.
Tahun 1971 – The Network Working Group menyelesaikan protokol Telnet, yang digunakan untuk mengakses sebuah komputer dari jarak jauh dan File Transfer Protokol (FTP) yang digunakan untuk mendownload file.
Tahun 1972 – Ray Tomlinson dari BBN menulis program yang dapat mengirimkan surat secara elektronik melalui ARPANET. Tomlinson menggunakan simbol @ untuk menghubungkan username dan e-mail address.
Akhir tahun 1980 – Simbol @ digunakan sebagai standar di seluruh dunia.
Tahun 1973 – Dimulai pengembangan sebuah protokol yang disebut dengan protokol TCP/IP oleh sebuah kelompok yang dipimpin oleh Vinton Cerf dari Stanford dan Bob Kahn dari DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency), yang memungkinkan dua jaringan komputer yang berbeda dapat berinterkoneksi dan berkomunikasi satu dengan yang lain.
Tahun 1986 – Internet digunakan secara terbuka untuk umum.
Tahun 1989 – Jumlah jaringan yang tergabung ke internet berkembang dengan pesat.
Tahun 1990 – ARPANET resmi ditutup.
Tahun 1993 – Dikembangkan aplikasi browsing yang disebut Mosaic oleh Marc Andreesen bersama timnya di National Center for Supercomputing Applications (NCSA). Andreesen kemudian keluar dari NCSA dan menjadi otak di belakang Netscape Corp yang kemudian membuat Netscape.
Tahun 1995 – Diperkirakan 25 juta orang telah menjadi pengguna internet.


V. E-COMMERCE (ELECTRONIC COMMERCE)

Perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi, terutama internet.
Internet banking, pembelian dan penyediaan barang, toko online, merupakan beberapa bentuk perdagangan secara elektronik.
Keuntungan bagi perusahaan dengan adanya e-commerce antara lain :
Memungkinkan untuk menjual produknya kepada lebih banyak orang.
Tidak perlu membuka banyak cabang distribusi.
Biaya yang dikeluarkan dapat dikurangi.
Harga barang dapat dijual dengan lebih rendah, sehingga barang lebih
banyak yang laku.
Barang yang dijual lebih murah dapat meningkatkan daya saing
perusahaan.
Keuntungan bagi konsumen dengan adanya e-commerce antara lain :
Tidak perlu mendatangi toko untuk mendapatkan barang.
Dapat menghemat waktu dan biaya transportasi berbelanja.
Mempunyai lebih banyak pilihan.
Dapat membeli barang yang terdapat di negara lain.
Harga barang yang dibeli menjadi lebih rendah.

VI. INTERNET BANKING

Aktivitas perbankan yang dilakukan dari rumah, kantor, atau tempat-tempat lain dengan memanfaatkan internet.
Dikenal juga dengan sebutan Electronic Banking, Cyberbanking, Virtual Banking, Home Banking, dan Online Banking.
Memberi keuntungan kepada nasabah bank karena nasabah tidak perlu lagi datang ke bank untuk melakukan transaksi.
Memungkinkan bank untuk mengurangi biaya operasional.
Transaksi yang dapat dilakukan antara lain, transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, informasi rekening, dsb.

VII. BELAJAR JARAK JAUH

Faktor yang harus dipenuhi agar internet dapat dimanfaatkan sebagai media belajar jarak jauh :
Institusi penyelenggara
Pengajar
Siswa
Teknologi




VIII. KEAMANAN DATA DALAM TRANSAKSI DI INTERNET

Hal-hal yang perlu dilakukan untuk menjaga transaksi yang aman melalui toko online dan internet banking antara lain :
Memahami prosedur yang diberikan oleh bank.
Pastikan telah logout dari layanan tersebut setelah selesai digunakan.
Jangan meninggalkan komputer jika sedang login di internet banking.
Lengkapi komputer dengan antivirus yang selalu aktif dan up to date.
Gunakan komputer pribadi untuk mengakses layanan toko online dan internet banking.
Menjaga dengan aman informasi tentang nomor katu kredit, user ID, dan password kita

jaringan komputer

Jaringan Komputer
Adalah kumpulan komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya. Dalam sebuah jaringan terdapat komputer server dan client. Komputer server berfungsi untuk melayani pengiriman data dan penerimaan data dari komputer-komputer yang ada di dalam jaringan. Komputer server juga dapat berfungsi sebagai sumber yang dibutuhkan komputer-komputer client.
Bila jaringan computer terhubung ke internet, computer server dapat juga disebut gateway.

Manfaat dari adanya jaringan komputer adalah sebagai berikut :

  • Membagi sumber daya
  • Reliabilitas Tinggi
  • Menghemat uang
  • Sarana Komunikasi
Berbagai Jenis Jaringan
Dilihat secara fisik, jaringan komputer dibedakan menjadi dua, yaitu jaringan kabel dan wireless network. Jaringan kabel adalah jaringan yang dihubungkan oleh kabel jaringan. Sedangkan wireless network adalah jaringan yang dihubungkan dengan gelombang radio.

Jika dilihat dari area yang dicakupnya, jaringan digolongkan atas 4 jenis :
  • LAN (Local Area Network)
  • LAN adalah jaringan yang terdapat dalam sebuah gedung atau perkantoran. Namun sekarang LAN juga sudah ada di perumahan yang digunakan untuk koneksi ke internet.
  • MAN (Metropolitan Area Network)
MAN
adalah LAN dalam versi yang lebih besar, MAN digunakan untuk menghubungkan kantor yang jaraknya berjauhan.

WAN (Wide Area Network)
WAN adalah jaringan computer yang mencakup area yang sangat luas dari segi geografis. WAN dapat mencakup sebuah negara atau benua.

Internet
Internet adalah kumpulan dari LAN, MAN, dan WAN yang ada di seluruh dunia. Untuk menghubungkan jaringan-jaringan tersebut maka dibangun jaringan kabel serat optic yang menghubungkan satu benua dengan yang lainnya.


Perangkat Jaringan Komputer

Server
Server umumnya mempunyai system operasi, aplikasi dan database yang menyediakan layanan kepada computer lain dalam jaringan.

Client
Client adalah computer yang digunakan untuk melakukan pengolahan data yang diambil dari server.

Kartu Jaringan
LAN Card/Kartu Jaringan adalah hardware yang dipasangkan di motherboard baik computer client maupun server.

Hub
Hub berfungsi untuk membagi sinyal data dari LAN Card. Hub juga berfungsi untuk menguatkan sinyal.

Kabel dan Konektor
Kabel dan Konektor adalah kabel dan jaringan yang digunakan untuk menghubungkan satu computer dengan yang lainnya.

Repeater
Repeater berfungsi sebagai penguat sinyal di jaringan.

Bridge
Berfungsi untuk menghubungkan LAN dengan jaringan yang lain.

Router
Berfungsi untuk mengatur aliran data dari satu jaringan ke yang lainnya.

Komunikasi Data
Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data dari dua computer yang terhubung dalam sebuah jaringan baik LAN maupun internet.

Protokol
adalah aturan-aturan yang membuat dua buah computer mengerti satu sama lain. Protokol juga dapat disebut bahasa komunikasi internet.

Salah satu protocol yang digunakan untuk area yang luas adalah TCP/IP. TCP/IP adalah sebuah kumpulan protocol yang bekerja sama untuk menangani proses pengiriman data. Kelebihan TCP/IP adalah dapat mengkomunikasikan dua buah computer yang berbeda jenis dan system operasi yang digunakan
TCP/IP terdiri dari 4 layer kumpulan protocol. Masing-masing memiliki fungsi sebagai berikut :

Application Layer
Berfungsi sebagai interface antara pengguna dengan data. Pada lapisan ini terdapat semua protocol yang menggunakan TCP/IP

Transport Layer
Berfungsi untuk mengadakan komunikasi antar 2 host/computer. Protokol yang ada di lapisan ini adalah TCP

Internet Layer
Internet Layer teridiri dari IP, ARP, dan ICMP. Protokol IP berfungsi untuk menyampaikan packet data ke addres yang tepat. ARP berfungsi untuk menemukan addres hardware dari computer yang terdapat pada jaringan yang sama. ICMP digunakan untuk mengirimkan pesan dan melaporkan kegagalan pengiriman data

Network Interface Layer
Berfungsi mengirimkan dan menerima data dari media fisik jaringan.

Keamanan Data dalam Jaringan
Ada dua bentuk aktivitas terhadap jaringan computer, yaitu hacking dan cracking. Hacking adalah usaha untuk memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengeksplorasi ataupun mencari kelemahan system jaringan secara illegal. Cracking adalah usaha memasuki sebuah jaringan secara illegal dengan maksud mencuri, mengubah, atau menghancurkan file atau data yang disimpan di komputer-komputer yang ada di jaringan tersebut.
Ada banyak program yang digunakan hacker atau cracker, antara lain adalah IP Scanner, IP Sniffer, Network Analyzer, E-Mail Bombs, Spamming, TCP Wrapper, Password Cracking, dan sebagainya.


Beberapa metode yang digunakan hacker atau cracker adalah sebagai berikut :

Spoofing
Memalsukan identitas user sehingga dapat login ke sebuah jaringan komputer secara illegal.

Scanner
Menggunakan program untuk mengetahui kelemahan system keamanan sebuah jaringan komputer.

Sniffer
Penganalisis jaringan dan bekerja untuk memonitor jaringan komputer.

Password Cracker
Dapat membuka password yang suda dienkripsi.

Destructive Devices
Program yang berupa virus tang dibuat untuk menghancurkan data-data.

Berikut adalah beberapa teknik pengamanan data
  • Internet Firewall
  • Kriptografi
  • Secure Socket Later